Fenomena Dukun di Aceh


Oleh : Khairil Miswar 

Bireuen, 18 Oktober 2011

Ilustrasi. Sumber: www.ceritamu.com
Aksi main hakim sendiri kembali terjadi Aceh. Beberapa hari lalu di beberapa media diberitakan tiga unit rumah milik keluarga Ismail Abdullah di desa Batee Timoh, Kecamatan Jeumpa, Bireuen hangus dibakar massa. Warga didesa tersebut menduga sebagian besar santri, terutama remaja putri di desa itu yang selama ini sering kesurupan dan mengalami kemasukan setan akibat ulah Ismail Abdullah. Warga juga menyebutkan, sebelum ketiga rumah tersebut dibakar, pada malam itu puluhan santri Dayah Darul Islam di sana mengalami kesurupan (Harian Aceh, 17/10/11). 

Terkadang kita jadi bosan membahas permasalahan semacam ini karena aksi seperti ini terus terulang di Aceh. Dulu ketika sedang marak isu aliran sesat kejadian semacam ini juga saban hari terjadi. Sungguh tragis dan memilukan. Diberitakan bahwa keluarga Ismail baru saja memanen padi, namun sayang seluruh padi miliknya hangus terbakar. Dikabarkan juga istri korban, Ainsyah juga sempat terkena lemparan batu dikepalanya. Untung saja korban berhasil keluar dari rumah. Bayangkan jika mereka tidak sempat keluar berapa nyawa yang melayang?

Aksi-aksi seperti ini sebenarnya tidak perlu terjadi jika masyarakat kita benar-benar menjadikan agama sebagai benteng. Apalagi tuduhan tersebut belum tentu benar. Seandainya pada saat massa membakar rumah tersebut korban juga ikut terbakar dan meninggal. Kemudian setelah diperiksa mereka tidak terbukti bersalah, siapa yang akan bertanggung jawab terhadap nyawa dan harta-benda mereka? 

Penulis tidak bermaksud membela dukun, tapi siapa yang berani memastikan kalau yang kita tuduh tersebut benar-benar dukun? Kita tidak bisa menghukum orang hanya karena dugaan yang belum tentu benar. Rasanya tidak adil jika hanya gara-gara santri kesurupan lantas kita membakar harta benda orang lain. Jikapun benar Ismail itu dukun, kenapa kita harus membakar semua rumah milik keluarganya? Apa keluarganya juga dukun? Apa mungkin cucunya juga dukun? Siapa yang berani memastikan? 

Dukun Sebagai Penolong

Istilah dukun bagi masyarakat kita sudah tidak asing lagi dan malah sebagian masyarakat kita sangat akrab dengan perdukunan. Dukun dalam bahasa Inggris disebut dengan beberapa istilah, tergantung keahliannya, dari mulai clairvoyant (dukun/tabib) yaitu penyembuh penyakit, hingga psychic (cenayang/peramal), yaitu orang yang dapat melihat masa lalu atau mengaku dapat meramal masa depan berdasarkan masa lalu dan sekarang (dukun-online.webnode.com )

Jika kita membuka kamus besar Bahasa Indonesia kita akan mendapati definisi dukun adalah orang yang pekerjaannya menolong orang susah dan sakit, mengobati, memberi jampi-jampi dan mantra. Dukun juga dikenal melakukan kegiatannya lewat kemampuan tenaga gaib Dukun banyak jenisnya, diantaranya dukun beranak, dukun jodoh, dukun patah tulang, dukun berbagai penyakit, dukun tenung dan masih banyak dukun-dukun lain yang tidak mungkin semuanya kita sebut disini.

Masyarakat kita khususnya yang tinggal di pedesaan hampir bisa dipastikan masih sangat dekat dengan perdukunan. Sebagai contoh, ketika ada masyarakat yang merasa kehilangan kebanyakan mereka mendatangi dukun untuk menanyakan keberadaan harta benda mereka. Ada juga sebagian masyarakat yang mendatangi dukun untuk diberi jimat agar kebal atau agar dagangannya laris. Kita juga sering mendengar ada sebagian masyarakat yang mendatangi dukun untuk minta dijamp-jampi agar cepat mendapat jodoh, jabatan, harta dan sejuta permintaan lainnya. Dalam kondisi seperti ini nampak jelas bahwa dukun adalah penolong, penyembuh penyakit, pemberi harapan dan lain-lain. Dukun menjadi incaran bagi mereka-mereka yang memang percaya dengan ilmu perdukunan. Sebagian masyarakat kita juga tidak segan-segan memberi bayaran mahal asal tujuannya tercapai.

Dukun Sebagai Musuh.

Dalam kondisi tertentu seperti penulis sebutkan diatas dukun menjadi dewa penolong yang menurut mereka mampu menunaikan hajat mereka khususnya yang berhubungan dengan hal – hal mistis. Namun dalam kondisi tertentu pula ketika terjadi wabah penyakit, kesurupan massal, menderita sakit aneh, ada orang meninggal tiba-tiba keadaan menjadi berbalik. Dukun yang tadinya dianggap sebagai penolong tiba -tiba berubah menjadi musuh bersama. Seperti yang terjadi di kecamatan Jeumpa, Bireuen beberapa hari lalu ketika para santri kesurupan rumah orang yang dituduh sebagai dukun dibakar massa. Dalam kondisi seperti ini kehidupan para dukun terancam dan harus gulung tikar. Tidak sedikit orang-orang yang dituduh dukun khususnya dukun santet dihakimi massa dan bahkan dibunuh, harta bendanya dibakar dan keluarganya diusir dari kampung. Begitulah resikonya menjadi dukun sampai -sampai keluarga yang tidak berdosapun ikut menjadi korban. 

Dukun Dalam Pandangan Islam.

Praktek perdukunan seperti dukun patah, dukun beranak dan dukun perobatan selama kegiatannya tidak melanggar ketentuan syariat boleh-boleh saja dilakukan. Tetapi syariat melarang keras perdukunan yang berhubungan dengan masalah gaib. Sebagai umat muslim kita dilarang keras mendatangi dukun dan mempercayai perkataan dukun. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad Bin Hambal Rh, Nabi Saw bersabda : “ Barang siapa yang mendatangi dukun / tukang tenung / tukang sihir dan membenarkan apa yang dikatakan oleh dukun tersebut maka sungguh dia telah ingkar dengan apa yang sudah diturunkan kepada Muhammad “. 

Tentang pengetahuan gaib yang menurut sebagian orang diketahui oleh dukun adalah kebohongan besar dan menyalahi firman Allah Swt sebagai pemilik syariat. Dalam Al -Quran yang mulia surat Al-An `am Allah Swt berfirman : “ Di sisiNyalah pengetahuan segala yang gaib, tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah “. 

Berdasarkan dalil dari AL-Quran dan Sunnah dapat disimpulkan bahwa mempercayai dukun hukumnya haram dan merupakan bagian dari syirik. Jadi sudah sewajarnya perilaku ini kita tinggalkan. Meyakini bahwa dukun memiliki kekuatan dan mampu memenuhi hajat berarti kita telah menyekutukan Allah sebagai pemelihara alam raya ini. Jangan sampai kita menjadikan dukun sebagai tandingan Allah Swt. 

Kita berharap agar masyarakat kita yang selama ini mengaku sebagai muslim untuk meninggalkan praktek perdukunan. Namun demikian kita juga tidak boleh sembarangan memvonis orang lain sebagai dukun apalagi jika tidak ada bukti yang jelas. Masyarakat tidak berhak memberi hukuman. Tugas kita sebagai masyarakat hanyalah mengawasi dan melaporkan kepada aparat negara. Tidak perlu main hakim sendiri. Wallahul Musta`an.


Artikel ini sudah dimuat di Harian Aceh



loading...

5 comments:

  1. Buat yang berada di perantauan Yang Butuh Modal Usaha Atau Punya Utang
    Banyak,Minat Lewat Pesugihan Tanpa Tumbal Di jamin Aman Dunia Akhirat (Halal)
    ,telpon saja Ki Soleh Pati.
    ((( PESUGIHAN PUTIH UANG NYATA DARI ALAM GAIB DAN
    NIKAH SIRIH WANITA CANTIK JIN MUSLIM)))
    Pengajar: Ki Soleh Pati.
    Hp. 0852-1905-3025
    Pesantren al-hikmah
    Besuki-situbondo-jawa timur.
    Jika anda mau ritual
    dirumah tanpa datang kepesantren.
    Syarat -syarat.
    -beli kain putih dan semprot
    dengan parfum.maka jin wanita akan siap membawa uang milyaran atau ratusan
    juta.
    —PESUGIHAN PUTIH DANA BAROKAH.AMAN DUNIA AKHIRAT TANPA TUMBAL.
    Cukup
    anda menyembelih hewan kambing sbg sesajen putih.anda akan dibawakan uang
    melimpah sama jin muslim.
    -NIKAH SIRIH SAMA WANITA MENAWAN SAMA JIN
    MUSLIM.
    Dengan menikahi jin muslim anda akan dibantu mencari perantara uang
    cepat kilat dan jin ini bisa berubah wujud desuai yang diinginkan sang
    suami/bisa seperti artis idola

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedikit berbagi pengalaman siapa tau bermanfaat
      Sudah berkali-kali saya mencari tempat yang menyediakan pesugihan, mungkin lebihdari 15 kali saya mencari paranormal mulai dari daerah jawa Garut, Sukabumi, cirebon, semarang, hingga pernah sampai ke bali , namun tidak satupun berhasil, suatu hari saya sedang iseng buka-buka internet dan menemukan website ustad.hakim
      www.pesugihan-islami88.blogspot.co.id
      , sebenarnya saya ragu-ragu jangan sampai sama dengan yang lainnya tidak ada hasil juga, saya coba konsultasikan dan bertanya meminta petunjuk pesugihan apa yang bagus dan cepat untuk saya, nasehatnya pada saya hanya di suruh YAKIN dan melaksanakan apa yang di sampaikan pak.ustad, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya tunggu-tunggu tidak mengecewakan, yang di janjikan cair keesokan harinya, kini saya sudah melunasi hutang-hutang saya dan saat ini saya sudah memiliki usaha sendiri di jakarta, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi ustad.hakim bawazier di 085210335409 agar di berikan arahan

      Delete
  2. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  3. Selamat siang semuanya !!!
    Nama saya Tn. Rashid Husaen dan saya berasal dari Jawa Barat, Indonesia dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya berkata pada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan memberi tahu namanya kepada dunia. dan saya sangat senang mengatakan bahwa keluarga saya kembali selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp300.000.000,00 untuk memulai hidup saya karena saya adalah satu ayah tunggal dengan 5 anak dan dunia sepertinya mengandalkan saya ketika saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan bank online menolak pinjaman saya, mereka mengatakan bahwa pendapatan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya online dan hal-hal semakin sulit karena mereka merobek uang saya dengan janji manis untuk membantu saya

    Sampai saya melihat posting ibu Nyonya Maria dari sebuah blog dan saya memohon padanya, dia memberi saya semua syarat dan ketentuan dan saya setuju dan dia mengejutkan saya dengan pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, dan pada awalnya saya berpikir ini tidak mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji-janji palsu tetapi saya terkejut, saya menerima pinjaman saya Rp300.000.000,00 dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Nyonya Maria Alexander wanita kata-katanya, melalui email : (Mariaalexander818@gmail.com) karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik. siapa pun yang ingin pinjaman atau cara mendapatkan pinjaman asli, harus menghubungi Via

    email: (mariaalexander818@gmail.com)
    whatsapp: (+1 651-243-8090) Viber; (+1 651-243-8090)

    Anda dapat menghubungi saya Ny. Rashid untuk informasi lebih lanjut (rashidhusaen18@gmail.com)

    Allah Maha Besar
    Terima kasih semuanya

    ReplyDelete
  4. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    ReplyDelete