Sunday, December 21, 2014

Fenomena Dukun di Aceh


Oleh : Khairil Miswar 

Bireuen, 18 Oktober 2011

Ilustrasi. Sumber: www.ceritamu.com
Aksi main hakim sendiri kembali terjadi Aceh. Beberapa hari lalu di beberapa media diberitakan tiga unit rumah milik keluarga Ismail Abdullah di desa Batee Timoh, Kecamatan Jeumpa, Bireuen hangus dibakar massa. Warga didesa tersebut menduga sebagian besar santri, terutama remaja putri di desa itu yang selama ini sering kesurupan dan mengalami kemasukan setan akibat ulah Ismail Abdullah. Warga juga menyebutkan, sebelum ketiga rumah tersebut dibakar, pada malam itu puluhan santri Dayah Darul Islam di sana mengalami kesurupan (Harian Aceh, 17/10/11). 

Terkadang kita jadi bosan membahas permasalahan semacam ini karena aksi seperti ini terus terulang di Aceh. Dulu ketika sedang marak isu aliran sesat kejadian semacam ini juga saban hari terjadi. Sungguh tragis dan memilukan. Diberitakan bahwa keluarga Ismail baru saja memanen padi, namun sayang seluruh padi miliknya hangus terbakar. Dikabarkan juga istri korban, Ainsyah juga sempat terkena lemparan batu dikepalanya. Untung saja korban berhasil keluar dari rumah. Bayangkan jika mereka tidak sempat keluar berapa nyawa yang melayang?

Aksi-aksi seperti ini sebenarnya tidak perlu terjadi jika masyarakat kita benar-benar menjadikan agama sebagai benteng. Apalagi tuduhan tersebut belum tentu benar. Seandainya pada saat massa membakar rumah tersebut korban juga ikut terbakar dan meninggal. Kemudian setelah diperiksa mereka tidak terbukti bersalah, siapa yang akan bertanggung jawab terhadap nyawa dan harta-benda mereka? 

Penulis tidak bermaksud membela dukun, tapi siapa yang berani memastikan kalau yang kita tuduh tersebut benar-benar dukun? Kita tidak bisa menghukum orang hanya karena dugaan yang belum tentu benar. Rasanya tidak adil jika hanya gara-gara santri kesurupan lantas kita membakar harta benda orang lain. Jikapun benar Ismail itu dukun, kenapa kita harus membakar semua rumah milik keluarganya? Apa keluarganya juga dukun? Apa mungkin cucunya juga dukun? Siapa yang berani memastikan? 

Dukun Sebagai Penolong

Istilah dukun bagi masyarakat kita sudah tidak asing lagi dan malah sebagian masyarakat kita sangat akrab dengan perdukunan. Dukun dalam bahasa Inggris disebut dengan beberapa istilah, tergantung keahliannya, dari mulai clairvoyant (dukun/tabib) yaitu penyembuh penyakit, hingga psychic (cenayang/peramal), yaitu orang yang dapat melihat masa lalu atau mengaku dapat meramal masa depan berdasarkan masa lalu dan sekarang (dukun-online.webnode.com )

Jika kita membuka kamus besar Bahasa Indonesia kita akan mendapati definisi dukun adalah orang yang pekerjaannya menolong orang susah dan sakit, mengobati, memberi jampi-jampi dan mantra. Dukun juga dikenal melakukan kegiatannya lewat kemampuan tenaga gaib Dukun banyak jenisnya, diantaranya dukun beranak, dukun jodoh, dukun patah tulang, dukun berbagai penyakit, dukun tenung dan masih banyak dukun-dukun lain yang tidak mungkin semuanya kita sebut disini.

Masyarakat kita khususnya yang tinggal di pedesaan hampir bisa dipastikan masih sangat dekat dengan perdukunan. Sebagai contoh, ketika ada masyarakat yang merasa kehilangan kebanyakan mereka mendatangi dukun untuk menanyakan keberadaan harta benda mereka. Ada juga sebagian masyarakat yang mendatangi dukun untuk diberi jimat agar kebal atau agar dagangannya laris. Kita juga sering mendengar ada sebagian masyarakat yang mendatangi dukun untuk minta dijamp-jampi agar cepat mendapat jodoh, jabatan, harta dan sejuta permintaan lainnya. Dalam kondisi seperti ini nampak jelas bahwa dukun adalah penolong, penyembuh penyakit, pemberi harapan dan lain-lain. Dukun menjadi incaran bagi mereka-mereka yang memang percaya dengan ilmu perdukunan. Sebagian masyarakat kita juga tidak segan-segan memberi bayaran mahal asal tujuannya tercapai.

Dukun Sebagai Musuh.

Dalam kondisi tertentu seperti penulis sebutkan diatas dukun menjadi dewa penolong yang menurut mereka mampu menunaikan hajat mereka khususnya yang berhubungan dengan hal – hal mistis. Namun dalam kondisi tertentu pula ketika terjadi wabah penyakit, kesurupan massal, menderita sakit aneh, ada orang meninggal tiba-tiba keadaan menjadi berbalik. Dukun yang tadinya dianggap sebagai penolong tiba -tiba berubah menjadi musuh bersama. Seperti yang terjadi di kecamatan Jeumpa, Bireuen beberapa hari lalu ketika para santri kesurupan rumah orang yang dituduh sebagai dukun dibakar massa. Dalam kondisi seperti ini kehidupan para dukun terancam dan harus gulung tikar. Tidak sedikit orang-orang yang dituduh dukun khususnya dukun santet dihakimi massa dan bahkan dibunuh, harta bendanya dibakar dan keluarganya diusir dari kampung. Begitulah resikonya menjadi dukun sampai -sampai keluarga yang tidak berdosapun ikut menjadi korban. 

Dukun Dalam Pandangan Islam.

Praktek perdukunan seperti dukun patah, dukun beranak dan dukun perobatan selama kegiatannya tidak melanggar ketentuan syariat boleh-boleh saja dilakukan. Tetapi syariat melarang keras perdukunan yang berhubungan dengan masalah gaib. Sebagai umat muslim kita dilarang keras mendatangi dukun dan mempercayai perkataan dukun. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad Bin Hambal Rh, Nabi Saw bersabda : “ Barang siapa yang mendatangi dukun / tukang tenung / tukang sihir dan membenarkan apa yang dikatakan oleh dukun tersebut maka sungguh dia telah ingkar dengan apa yang sudah diturunkan kepada Muhammad “. 

Tentang pengetahuan gaib yang menurut sebagian orang diketahui oleh dukun adalah kebohongan besar dan menyalahi firman Allah Swt sebagai pemilik syariat. Dalam Al -Quran yang mulia surat Al-An `am Allah Swt berfirman : “ Di sisiNyalah pengetahuan segala yang gaib, tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah “. 

Berdasarkan dalil dari AL-Quran dan Sunnah dapat disimpulkan bahwa mempercayai dukun hukumnya haram dan merupakan bagian dari syirik. Jadi sudah sewajarnya perilaku ini kita tinggalkan. Meyakini bahwa dukun memiliki kekuatan dan mampu memenuhi hajat berarti kita telah menyekutukan Allah sebagai pemelihara alam raya ini. Jangan sampai kita menjadikan dukun sebagai tandingan Allah Swt. 

Kita berharap agar masyarakat kita yang selama ini mengaku sebagai muslim untuk meninggalkan praktek perdukunan. Namun demikian kita juga tidak boleh sembarangan memvonis orang lain sebagai dukun apalagi jika tidak ada bukti yang jelas. Masyarakat tidak berhak memberi hukuman. Tugas kita sebagai masyarakat hanyalah mengawasi dan melaporkan kepada aparat negara. Tidak perlu main hakim sendiri. Wallahul Musta`an.


Artikel ini sudah dimuat di Harian Aceh



Share this article :


6 comments:

  1. Buat yang berada di perantauan Yang Butuh Modal Usaha Atau Punya Utang
    Banyak,Minat Lewat Pesugihan Tanpa Tumbal Di jamin Aman Dunia Akhirat (Halal)
    ,telpon saja Ki Soleh Pati.
    ((( PESUGIHAN PUTIH UANG NYATA DARI ALAM GAIB DAN
    NIKAH SIRIH WANITA CANTIK JIN MUSLIM)))
    Pengajar: Ki Soleh Pati.
    Hp. 0852-1905-3025
    Pesantren al-hikmah
    Besuki-situbondo-jawa timur.
    Jika anda mau ritual
    dirumah tanpa datang kepesantren.
    Syarat -syarat.
    -beli kain putih dan semprot
    dengan parfum.maka jin wanita akan siap membawa uang milyaran atau ratusan
    juta.
    —PESUGIHAN PUTIH DANA BAROKAH.AMAN DUNIA AKHIRAT TANPA TUMBAL.
    Cukup
    anda menyembelih hewan kambing sbg sesajen putih.anda akan dibawakan uang
    melimpah sama jin muslim.
    -NIKAH SIRIH SAMA WANITA MENAWAN SAMA JIN
    MUSLIM.
    Dengan menikahi jin muslim anda akan dibantu mencari perantara uang
    cepat kilat dan jin ini bisa berubah wujud desuai yang diinginkan sang
    suami/bisa seperti artis idola

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedikit berbagi pengalaman siapa tau bermanfaat
      Sudah berkali-kali saya mencari tempat yang menyediakan pesugihan, mungkin lebihdari 15 kali saya mencari paranormal mulai dari daerah jawa Garut, Sukabumi, cirebon, semarang, hingga pernah sampai ke bali , namun tidak satupun berhasil, suatu hari saya sedang iseng buka-buka internet dan menemukan website ustad.hakim
      www.pesugihan-islami88.blogspot.co.id
      , sebenarnya saya ragu-ragu jangan sampai sama dengan yang lainnya tidak ada hasil juga, saya coba konsultasikan dan bertanya meminta petunjuk pesugihan apa yang bagus dan cepat untuk saya, nasehatnya pada saya hanya di suruh YAKIN dan melaksanakan apa yang di sampaikan pak.ustad, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya tunggu-tunggu tidak mengecewakan, yang di janjikan cair keesokan harinya, kini saya sudah melunasi hutang-hutang saya dan saat ini saya sudah memiliki usaha sendiri di jakarta, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi ustad.hakim bawazier di 085210335409 agar di berikan arahan

      Delete
    2. Assalamualaikum permisi admin hanya sedekar berbagi pengalaman, Awal mula saya mengikuti pesugihan karena usaha saya bangkrut dan saya di lilit hutang hingga mencapai 2Milyar lebih, awalnya saya sempat takut dan bertanya-tanya. Setahu saya yang namanya pesugihan itu pasti akan meminta tumbal seperti nyawa dari salah satu anggota keluarga dan melakukan ritual-ritual tertentu dan hal-hal menakutkan lainnya. Dan sempat bingung ketika membaca di website USTAD UJANG BUSTOMI http://pesugihanjawa69.blogspot.co.id/ apakah iya pesugihan itu memang ada yang tidak memakan tumbal. tapi selama dua hari saya berpikir akhirnya saya bergabung dan menghubungi USTAD UJANG BUSTOMI kata Pak ustad pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang ghoib 3 Milyar dengan tumbal hewan, semua petunjuk saya ikuti dan hanya dua hari. Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Ternyata pesugihan ustad.ujang bustomi berbeda dengan pesugihan yang saya kenal sebelumnya, dan tidak meminta tumbal keluarga, Jika ada teman-teman disini yang sedang kesulitan masalah ekonomi. Saya menyarankan untuk menghubungi USTAD UJANG BUSTOMI di 085215951837 pasti akan di bantu

      Delete

  2. ASSALAMU ALAIKUM.WR.WB.. SAYA TERMASUK ORANG YANG GEMAR BERMAIN TOGEL,SETELAH SEKIAN LAMANYA SAYA BERMAIN TOGEL AKHIRNYA SAYA MENEMUKAN NOMOR SEORANG PERAMAL TOGEL YANG TERKENAL KEAHLIANNYA DI SELURUH DUNIA,NAMANYA
    KIYAI_PATI DAN SAYA BENAR BENAR TIDAK PERCAYA DAN HAMPIR PINSANG KARNA KEMARIN ANGKA GHOIB YANG DIBERIKAN OLEH KIYAI 4D DI PUTARAN SGP YAITU 9050 TERNYATA BETUL-BETUL TEMBUS. SUDAH 2.KALI PUTARAN SAYA MENAN BERKAT BANTUAN KIYAI
    PADAHAL,AWALNYA SAYA CUMA COBA COBA MENELPON DAN SAYA MEMBERITAHUKAN SEMUA KELUHAN SAYA KEPADA KIYAI_PATI DISITULAH ALHAMDULILLAH KIYAI_PATI TELAH MEMBERIKAN SAYA SOLUSI YANG SANGAT TEPAT DAN DIA MEMBERIKAN ANGKA YANG BEGITU TEPAT..,MULANYA SAYA RAGU TAPI DENGAN PENUH SEMANGAT ANGKA YANG DIBERIKAN KIYAI ITU SAYA PASANG DAN SYUKUR ALHAMDULILLAH BERHASIL SAYA JACKPOT DAPAT 500.JUTA,DAN BETAPA BAHAGIANYA SAYA BERSUJUD-SUJUD SAMBIL BERKATA ALLAHU AKBAR…..ALLAHU AKBAR….ALLAHU AKBAR….SEKALI LAGI MAKASIH BANYAK YAA KIYAI,SAYA TIDAK AKAN LUPA BANTUAN DAN BUDI BAIK KIYAI, BAGI ANDA SAUDARAH-SAUDARAH YANG INGIN MERUBAH NASIB SEPERTI SAYA TERUTAMA YANG PUNYA HUTANG SUDAH LAMA BELUM TERLUNASI SILAHKAN HUBUNGI KIYAI_PATI DI NOMOR HP: 0852_1741_5657





    KLIK DISINI PESUGIHAN TANPA TUMBAL

    ReplyDelete
  3. Saya mau berbagi cerita kepada teman-teman melalui media internet yang dulunya saya berkerja sebagai tukang ojek yang pendapatan tak seberapa untuk menapkai istri dan ke-2 anak saya, namu suatu hari saya merasa kebingungan karna anak saya kepingin lanjut sekolah dan ingin mencapai cita-cita nya,namun saya berbicara dalam hati apakah anak saya bisah melanjutkan sekolah dan mencapai cita-cita nya sedangkan penghasiln yang aku dapatkan tidak tertentu berapa sehari cuma cukup/paspsan untuk buat makan aja. Dan aku merasa sedih melihrt anak-anak saya yang selalu termenung dia takut kalau putus sekolah, namu suatu hari aku berusaha mencari pinjaman kepada orang namun tak satu pun orang yang mau membantuku karna aku tak punya apa-apa yang bisa diambil sebagai jaminan, aku merasa kebingungan dan aku pasrakan pada yang maha kuasah karna kalau memang sudah takdir dan kehendaknyan pasti anak saya sudah tidak bisah lanjut sekolah lagi, kami terima atas ketidak sanggupan saya sebagai orang tua yang tidak mampu membiayai sekolah anak saya. namu suatu hari aku mengantar seseorang kedesa sebrang di situlah aku mendengar cerita pada teman-teman kalau OM AGUS bisah membantu orang yang lagi kesusahan, namun saya dulunya tidak percaya dengan yang namanya peramal, tapi saya juga berpikir tidak ada salah aku mencoba, dan aku memikirkan anak saya yang penuh semangat ingin mencapai cita-cita nya, saya coba bergabung dan menjadi member OM AGUS dan saya menghubungi OM AGUS di nomor 082380387219 PIN BBM 2A870E79 meminta angka jitu/gaib hasil ritual OM,walau saya harus mencari pinjama uang untuk membayar mahar supaya aku bisa mendapatkan angka gaibnya, alhamdulillah atas pemberian dan bantuan OM AGUS kami menang togel Rp.95 juta, atas keberasilan aku memenangkan togel semua hutang-hutang aku telah terlunasih. Termasuk uang pinjaman di koprasih, dan anak saya juga sudah bisah lanjut sekolah lagi mudah-mudahan bisah mencapai cita-cita yang selama ini dia impi-impikan dan sekarang kami sekeluarga mau berbagi kepada teman-teman semua jika anda mau merubah nasib seperti saya atau butuh angka jitu/gaib hasil ritual HUB OM AGUS di 082380387219 WHATSAPP+6285397766615 atau kunjungi di https://togelomtembusjitu.blogspot.co.id/com dijamin 100% tembus dan saya sudah buktikan sendiri, bukan cuma pada saya tapi banyak orang yang berhasil melalui bantuan OM AGUS, jika anda yakin dengan adanya angka gaib silahkan buktikan. BY sri/KENDARI

    ReplyDelete